Sabtu, 18 Januari 2014

Jangan Tergoda susu Formula yang Terbaik ASI Eksklusif

Usianya baru menginjak 1 tahun 9 bulan, namun balita ini sudah banyak menguasai beberapa kosa kata. Ia dapat mengucapkan dengan benar. Menyebut ayam, huruf a, b juga c. Dan masih banyak kata-kata lain. Damar, begitu nama panggilan bayi itu, juga sudah bisa membentuk balok-balok kayu menjadi kereta api dan menyusunnya menjadi tumpukan yang tinggi.


Kepintaran-kepintaran Damar ini adalah salah satu efek dari pemberian ASI Ekslusif. Dhina, ibunda Damar, memang  memberikan ASI ekslusif sejak putranya lahir hingga usianya enam bulan.
Bahkan sampai sekarangpun, Damar masih minum ASI.   
ASI eksklusif menurut dr. Indrayanti S.pA sangat penting dan banyak manfaatnya.
Apa itu ASI eksklusif?

ASI yang diberikan pada  seorang bayi sebagai satu-satunya asupan nutrisi sampai usia 6 bulan, termasuk tidak dberikannya air putih dan susu formula. '' Bayi yang dilahirkan dari perut seorang ibu merupakan sebuah anugerah dari Tuhan YME kepada sebuah keluarga untuk meneruskan keturunan manusia. Dengan lahirnya anak maka kita dipercaya oleh Tuhan untuk merawat dan membesarkan anak tersebut dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh tanggung jawab,''kata dr. Indrayanti.

Jadi yang dimaksud dengan merawat bayi, kata dr. Indrayanti adalah menyeluruh, artinya orang tua harus membesarkan anak sejak pertama lahir sampai akhir hayat. Tak hanya itu, orang tua harus memenuhi kebutuhan bayi baik kebutuhan fisik maupun psikologi. Orang tua harus mengajarkan dan memberikan kasih sayang penuh kepada anak, sebagai bukti bahwa kasih ibu sepanjang jalan. Sedangkan kebutuhan fisik dari seorang bayi adalah pemberian ASI Eksklusif minimal 6 bulan pertama sejak melahirkan.

ASI eksklusif merupakan makanan utama bayi yang baru lahir sampai dengan usia 6 bulan, karena di dalam setiap tetes ASI mengandung karotenoid dan selenium, sehingga ASI ini akan berperan banyak dalam sistem pertahanan tubuh bayi untuk mencegah berbagai penyakit. ASI Eksklusif berarti seorang ibu harus memberikan ASI kepada sang bayi tanpa menambah makanan lain, bahkan air putih sekalipun. ''Namun pada era modern ini terdapat penurunan pemberian ASI eksklusif oleh ibu kepada bayi yang disebabkan oleh menurunnya / kurangnya kesadaran ibu bahwa ASI itu sangat penting bagi perkembangan anak / bayi,''katanya lagi.
Pada riset tahun 2010 saja pemberian ASI eksklusif oleh ibu kepada bayinya hanya 15,3%. Penelitian ini dilakukan oleh Riskesdas (Data Riset Kesehatan Dasar).

Melihat fenomena  tersebut , dr Indrayanti merasa sangat miris mengingat bayi sangat membutuhkan ASI eksklusif dari seorang ibu. Tahukah anda apa saja manfaat ASI Eksklusif bagi bayi?

Berikut ini adalah beberapa Manfaat ASI Eksklusif Bagi Bayi :

1. Meningkatkan kekebalan tubuh bayi
ASI sangat mudah dicerna dan diserap oleh bayi dan mengandung zat kekebalan tubuh, sehingga anak yang mendapatkan ASI eksklusif umumnya tidak mudah sakit dan tidak kekurangan asupan gizi. Ini juga berhubungan dengan makanan yang dikonsumsi oleh sang ibu. Oleh karenanya seorang ibu hendaknya mengkonsumsi makanan dan sayuran yang mengandung banyak nutrisi agar bayinya juga sehat.

2.  Menunjang pertumbuhan dan perkembangan anak
ASI sebagai makanan utama bayi mengandung nutrisi atau zat-zat yang berkualitas tinggi sehingga sangat membantu tumbuh kembang anak. Anak yang mendapatkan ASI eksklusif akan tumbuh dengan sempurna dan menjadi anak yang sehat dan kuat.

3. Mencerdaskan otak bayi
ASI mengandung banyak nutrisi di antaranya adalah asam amino dan asam lemak yang sangat bagus untuk perkembangan otak pada bayi. Otak bayi jika sejak dini diberikan asam amino dan asam lemak akan lebih cerdas, baik emosional maupun spiritual.

4. Mempererat ikatan kasih sayang antara ibu dan anak
Kasih sayang antara ibu dan anak juga bisa ditentukan pada saat pemberian ASI eksklusif oleh ibu kepada bayi /anak. Alasan yang sangat jelas adalah kontak langsung antara ibu dan anak pada saat menyusui akan membantu pembentukan dan ikatan kasih sayang antara ibu dan anak. Dengan begitu pertumbuhan psikologi anak akan berjalan lancar dan baik. Teknik menyusui yang benar sangat menentukan dalam hal ini, untuk itu anda para ibu wajib menyusui dengan benar agar hasilnya optimal.

5. Ekonomis
Pemberian ASI secara eksklusif selain bermanfaat bagi bayi juga sangat ekonomis, karena sang ibu tidak perlu menyisihkan sebagaian uangnya untuk membeli susu formula. Yang harus anda ketahui, susu formula tidak sebaik ASI dalam hal kandungan gizi dan nutrisinya. Jadi jangan sampai anda memberikan susu formula selama anda masih mengeluarkan ASI sendiri. ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar