Sabtu, 18 Januari 2014

Waspadai Keputihan Saat Kehamilan


Sepanjang kehidupan wanita, pasti akan mengalami keputihan, atau yang dikenal dengan Fluor Albus. Apalagi selama kehamilan, sebagian perempuan akan mengalami keputihan atau keluarnya cairan putih dari Ms V dalam jumlah banyak. Keadaan ini membuat ibu hamil menjadi tidak nyaman, bahkan juga tidak sehat. Lalu apa yang harus dilakukan?


''Keluarnya cairan dari Mr V tidak selalu bisa disebut keputihan patologis (penyakit). Terkadang hanya karena Ms V mengeluarkan cairan berlebihan akibat perubahan hormon yang terjadi semasa hamil (keputihan fisiologis/ normal),''jelas dr. Suyanto SpOG.

Keluarnya cairan itu, kata dr Suyanto,  bisa dikatakan abnormal atau keputihan jika mengalami perubahan warna, bau dan menimbulkan rasa tidak nyaman seperti gatal. Perubahan hormon yang terjadi saat hamil dan setelah melahirkan adalah penyebab keluarnya cairan putih tersebut.

Sejauh warnanya tidak berubah menjadi kehijauan, keluarnya cairan putih dari Ms V seperti ini masih normal. Keputihan saat hamil tidak normal apabila sudah menyebabkan tumbuhnya jamur dan bakteri dan akan menimbulkan perubahan sifat keputihan seperti perubahan warna, bau dan menimbulkan rasa tidak nyaman seperti gatal.

Perlu juga memperhatikan bahwa keputihan yang terjadi tidak sampai banjir. Bila ini terjadi, segera memikirkan bahwa keputihannya ini bukan suatu pecahnya air ketuban ?? segeralah mendatangi petugas kesehatan, Bidan atau Dokter spesialis kandungan (SpOG) untuk memastikannya.Dalam perawatan/kebersihan Ms V, disarankan agar ibu hamil rajin-rajin menukar celana dalam. Karena ibu hamil cenderung lebih sering basah di daerah kemaluan, sehingga harus dipastikan bahwa pakaian dalamnya selalu diganti dengan yang bersih dan kering, untuk menghindari lembab. Bila tidak dijaga, akan mudah  tumbuh jamur.  Apabila setelah ke toilet, usahakan cebok dengan air bersih dan segera mengeringkan dengan kain handuk yang kering dan bersih dan hindari menggunakan bahan pembalut untuk menghindari lembabnya Ms V tersebut. ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar